Menginstall WordPress di Komputer Anda

WordPress adalah platform blogging yang paling banyak digunakan di internet karena kefleksibilitasannya dan keleluasaan dalam menambahkan tema, plugin dan sebagainya. Andapun dapat mendownloadnya dan menginstallnya di komputer anda untuk berbagai keperluan, seperti pembuatan Tema, pembuatan Plug-in. Inilah yang akan saya bahas pada artikel kali ini.

Untuk menginstall wordpress di komputer anda, anda memerlukan sebuah Web Server, anda dapat mendownload Aplikasi paket webserver seperti XAMPP atau WAMPP. Saya anjurkan untuk menggunakan XAMPP.
Download XAMPP
Setelah Mendownload XAMPP selanjutnya download WordPress di sini.
Download WordPress

Menginstall WordPress

Untuk menginstall wordpress di komputer kita, pertama-tama kita siapkan database untuk situs wordpress yang akan kita install. Aktifkan terlebih dahulu XAMPP-Control dan Klik start pada Apache dan MySql.

Memulai XAMPP-Control

Di browser masukkan alamat berikut:

localhost/phpmyadmin

Andapun akan dibawa ke halaman phpmyadmin, disini anda dapat membuat, mengedit dan menghapus database.
Masukkan nama database pada kotak berikut, kita beri nama database kita dengan “wordpress”, lalu tekan tombol Create Database.
Buat database baru dengan nama worpress, dan klik tombol create untuk memulai pembuatan database.

Membuat Database

Selanjutnya anda dapat menutup halaman phpmyadmin, dan sekarang buka file wordpress.zip yang telah anda download. Masuk ke alamat berikut, C:/xampp/htdocs/. Extrak folder wordpress yang terdapat di dalam file worpress zip, ke folder htdocs.

Ekstrak Folder WordPress

Sekarang kita mulai instalasi wordpress, pada browser anda, masuk ke alamat berikut

localhost/worpress

Pertama kali anda harus membuat konfigurasi database yang digunakan, Klik tombol Create a Configuration File, dan Klik Let’s Go pada halaman selanjutnya

Buat File Configurasi

Isi form nama database dengan nama database yang telah kita buat sebelumnya, “wordpress”. untuk username ketikkan root dan kosongkan bagian password. isi database host dengan localhost dan table prefix dengan wp_.
Klik Submit jika sudah mantap dan klik Run The Install pada halaman selanjutnya

Form Konfigurasi File

Sekarang saatnya mengisi informasi situs worpress anda, isi Site Title, username dan password (digunakan untuk masuk ke admin panel),

Form Informasi Blog dan login

pada akhirnya Klik tombol Install WordPress. Boom.. wordpresspun berhasil diinstall. Selanjutnya login ke Admin Panel anda, silahkan bersapa ria dengan wordpress anda.

Untuk melihat situs worpress anda, masuk ke alamat ini localhost/wordpress, ingat anda harus mengaktifkan terlebih dahulu XAMPP dan menjalankan Apache beserta MySQLnya. šŸ™‚

Kesimpulan

Dengan terinstallnya wordpress di komputer anda, anda dapat lebih leluasa untuk mempelajari wordpress, menginstall plugin dan tema. dan nantinya kita akan membuat Tema wordpress, kita akan belajar mengkonversi desain web (HTML) yang telah kita buat, menjadi Tema wordpress siap pakai, jadi tunggu artikel selanjutnya.
Follow blog kami disini atau like facebook kami untuk mendapatkan informasi artikel terbaru :).

Category WordpressTag , ,

4 Komentar untuk “Menginstall WordPress di Komputer Anda

Tinggalkan Komentar Anda