Belajar pemrograman, mulai dari mana?

Mempelajari pemrograman komputer bisa dibilang susah-susah gampang, tapi jika anda perhatikan ada beberapa konsep dan istilah yang perlu anda pahami terlebih dahulu sebelum memulai belajar pemrograman komputer.

Illustrasi programming

Konsep dan istilah ini berlaku untuk seluruh Bahasa pemrograman yang akan anda pelajari, baik itu Pascal, Delphi, Visual Basic, C++ atau sebagainya. kabar baiknya, yang akan saya bagikan sekarang akan sangat membantu anda untuk mempelajari Bahasa pemrograman.

Algoritma

Jika anda mau jadi programmer yang handal anda harus memiliki algoritma yang baik begitu kata para programmer.
Lalu apa arti algoritma itu sendiri?
Sebagai contoh perhatikan cerita berikut.
“Saya membeli sebuah Handphone tercanggih, tentunya saya tidak dapat mengoperasikannya sama sekali saking canggihnya. tapi karena di dalam paketnya terdapat buku panduan manual, maka sayapun dapat menggunakan handphone tersebut.”
Buku Manual bisa saya sebut dengan buku algoritma, di dalamnya terdapat langkah-langkah mulai dari cara menghidupkan handphone, memasang kartu, menyimpan data, cara menelfon dan banyak lagi.

Illustrasi Algoritma

Langkah-langkah tersebut disusun sedemikian rupa sehingga yang tidak tahu cara kerja handphone tersebutpun jadi tahu hanya dengan membaca langkah-langkah tersebut.

Komputer bukanlah alat yang hebat, komputer sendiri tidak tahu apa yang sedang ia lakukan. Namun karena para programmer telah memberikan panduan-panduan sebelumnya (Dalam bentuk Algoritma pemrograman) maka komputerpun menjadi alat yang berguna.

Algoritma sama halnya dengan panduan-panduan untuk melakukan sesuatu, anda belajar algoritma berarti anda belajar membuat panduan untuk komputer (hebat bukan?). camkan bahwa komputer itu tak ubahnya seperti bayi yang baru lahir, kita harus mengajarinya mulai dari nol.

Tipe Data

Dalam Matematika ada bermacam-macam bilangan, misalnya Bilangan Bulat, Bilangan Desimal dan sebagainya. Dalam bahasa pemrograman Bilangan bulat disebut dengan Integer dan Bilangan Desimal disebut dengan Real atau Double. lalu bagaimana dengan Huruf? Kumpulan beberapa huruf dan angka disebut dengan String. sebagai contoh.

10,20,3,5,100,125,175  disebut dengan Integer.
12.5, 14.75, 1.2, 1.0  disebut dengan real atau Double
"ada 3 Apel di box"    disebut String, biasanya diapit dengan tanda kutip.

Variable

Jika anda ingat pelajaran Matematika dulu, maka variable sering ditemukan disana, Variable biasa disebut dengan peubah. Tapi samakah arti variable di matematika dan bahasa pemrograman?.
Jawabannya sama, variabel di dalam bahasa pemrograman tak ada bedanya dengan yang ada di matematika. Variabel digunakan untuk menyimpan data sementara, dan dapat berubah-ubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebutuhan.

Jika anda tidak mengerti sama sekali variabel, saya sederhanakan dengan sebuah perumpamaan. bayangkan variabel itu adalah sebuah box kardus. Anda dapat memasukkan barang apapun kedalam kardus tersebut. :).

Contoh matematisnya adalah seperti berikut:

x= 10
y = 20
x+y=30

x dan y disebut dengan variabel, untuk variabel X kita masukkan angka 10 dan untuk Y kita masukkan angka 20. jadi jika kita baca baris selanjutnya, X+Y=30 maka yang dimaksud dengan X dan Y disini adalah 10+20 Penamaan Variabel tidak harus x dan y, anda dapat memberi nama variabel sesuka anda asalkan tidak memusingkan anda jika anda membutuhkannya kembali untuk suatu operasi.




Array

Di dalam bahasa pemrograman ada yang dinamakan dengan Array, Array sama halnya dengan Variable, digunakan untuk menyimpan data. Namun berbeda dengan variable, jika variabel hanya mampu menyimpan satu tipe data, maka array dapat menyimpan berbagai macam data/tipe data sekaligus.

Illustrasi Array

Dulu saya sering mengumpamakan array dengan sebuah lemari yang memiliki beberapa tingkatan di dalamnya. misalnya kita memasukkan Kemeja dan Kaos ditingkat 1, Celana di tingkat 2, buku di tingkat 3, dan berbagai macam peralatan di tingkat 4.
Maka jika kita ubah dengan pendekatan bahasa pemrograman, informasi tersebut menjadi seperti berikut.

Lemari[1] = Baju
Lemari[2] = Celana
Lemari[3] = Buku
Lemari[4] = Perkakas

Maksud dari Lemari[1] adalah “lemari di tingkat 1”, dan 1 disini disebut dengan Index.

Percabangan

“Jika Andi belajar maka Andi akan Pintar, Jika tidak maka Andi akan bodoh”.

Ya, kalimat tersebut merupakan contoh percabangan sederhana. di dalam bahasa pemrograman, anda tidak perlu pusing dengan percabangan, anda tinggal mengkonversinya ke dalam bahasa inggris :). misalnya.

If Andi Study then
	Andi will be smart
else
	Andi will be stupid

Percabangan If-then-Else ini akan sering anda temukan dalam bahasa pemrograman apapun. Contoh pendekatan bahasa pemrogramannya :

X = 10
If x > 5 then
	x lebih besar dari 5
else
	x lebih kecil dari 5

Sebelumnya kita memasukkan angka 10 ke variabel x, lalu dengan menggunakan percabangan sebagai pengujian kita tentukan apakah x itu lebih dari 5 atau kurang dari 5. jika kita konversi ke bahasa indonesia maka menjadi seperti berikut :

x = 10
jika X lebih besar dari 5 maka x lebih besar dari 5 jika tidak maka x 

lebih kecil dari 5.

Looping/Perulangan

“Saya melakukan kesalahan disekolah, dan saya dihukum untuk menulis Saya Bersalah di papan tulis sebanyak 250 kali.”
itulah Contoh perulangan. saya akan terus menulis “Saya Bersalah” di papan tulis sebanyak 250 kali, selama belum mencapai 250 saya akan terus mengulang aktifitas menulis tersebut.

Illustrasi Looping

Dengan komputer anda bisa melakukan aktifitas tersebut dengan mudah, sayangnya saya disuruh menulis di papan tulis, kalau saja di komputer akan sangat mudah dilakukan :).

Biasanya struktur perlungan dalam bahasa pemrograman seperti berikut.

X=0
Do
	Tulis "Saya Bersalah"
	X + 1
Until X=250

Bingung? saya jelaskan, pertama-tama agar saya tidak lupa jumlah yang telah saya tulis, maka saya tulis terlebih dahulu di kertas bahwa saya belum menulis sama sekali (x=0), Setiap setelah menulis “Saya bersalah”, saya juga menuliskan di dalam kertas (Mirip dengan penghitungan suara 🙂 ) Begitu seterusnya sampai saya selesai menulis “Saya Bersalah” sebanyak 250 kali.

Illustrasi Penghitungan

jadi aktifitas yang diulang disini adalah Menulis “Saya Bersalah” dan mencatat jumlah yang telah ditulis.

Kesimpulan

Jika anda sudah mengerti konsep dan istilah tersebut, yang perlu anda pelajari ketika mempelajari bahasa pemrograman tertentu, adalah Bagaimana cara penulisannya dengan benar. Bagaimana penulisan Percabangan (If-then-else) yang benar, bagaimana cara membuat looping, cara pendeklarasian tipe data, dan cara membuat dan menggunakan variable dan array.

Category BlogTag , , ,

71 Komentar untuk “Belajar pemrograman, mulai dari mana?

    1. Cara khususnya sih, adalah merubah pola pikir kita, menjadi pola pikir komputer, artinya segala sesuatu mulai dari awal. Mudahnya bayangkanlah langkah2 yang ada dalam resep makanan atau buku manual sebuah roduct elektronik. Semuanya dimulai dari dasar.

  1. sejauh ini saya belajar pemrograman selalu mengalami kesusahan saat pengubahan programnnya ke fungsi ataupun prosedure,tolong mas di kasih pencerahan agar mudah memahami fungsi dan prosedure dalam pemrograman…
    makasih sebelumnya mas..

    1. Sebelumnya saya jelaskan secara singkat perbedaan antara procedure dengan function.
      perbedaan yang paling mendasar adalah, function memberikan nilai balik, atau return value setelah function dieksekusi. sedangkan procedure hanya mengerjakan aksi/perintah tertentu.

      saya contohkan dengan algoritma sederhana :

      function luassegitiga(alas,tinggi)
      {
      	luas = (alas*tinggi)/2
      	return luas
      }
      

      ketika function luassegitiga dieksekusi, maka nilai yang didapatkan adalah dari variabel luas.
      misalnya : luassegitiga(10,5)
      maka nilai yang kita dapatkan adalah 25. dan nilai balik tersebut bisa digunakan untuk keperluan lainnya. misalnya dimasukkan kembali ke dalam variable lainnya.

      contoh1 = luassegitiga(10,5)

      maka nilai dari variable contoh1 kini adalah 25.

      Sedangkan prosedure tidak dapat mengembalikan nilai atau return value seperti halnya function.

      Intinya, function mengembalikan nilai balik/return value, sedangkan procedure tidak.

      Semoga dapat dimengerti

    1. tergantung bahasa pemrograman apa yang mau dipake :). ini saya tuliskan beberapa bahasa pemrograman dari yang paling dasar : Pascal, Delphi, Visual Basic, Java, PHP dll.

      Kamu mau belajar yang mana, tinggal download aplikasinya. Disanalah kamu nulis kode pemrogramannya dan menjalankannya 🙂

  2. wah, bagus banget isinya, sayangnya saya baru liat web ini setelah lulus kuliah, hehehe, 😀

    keep your good work 😀

    1. itu ‘kan bukan perintah beri warna, bro..
      tambahin perintah di css saja..

      css internal(css-nya dalam file html):

      li{
      color:red;
      }

  3. gan ane mau tanya, sekarang ane kan lagi mempelajari bahasa c
    gimana caranya ya agar sublime text 3 yang ane pake bisa compile dan run bahasa c? mohon pencerahannya gan .. thanks

  4. Kak langkah awal dong . Buat kayak saya nih .masih pemula bnget . Ga tau apa”, mohon bantuannya , solusi langkah awal buat jadi programer expert kaya kaka . Hehe

  5. makasi byk mas sangatmembantu…
    tpi saya msh kurang paham dalam peletakan coding2 nya,,
    cntoh nya class, int, script, src, var, dan sebagai nya..
    bisa gk mas tlong di jelasin bhasa2 yg kyk gtu gunanya untuk apa gtu satu per satu.

  6. bagus banget webnya , salam kenal ya , saya masih baru banget belajar PHP ,kemaren sih sudah bisa bikin web CRUD .. kalo uda bisa PHP enaknya lanjut kemana yah 🙂 mohon sarannya ya gan

  7. bang saya kok masih bingung ya sama bhs pemograman,sya di sekolah belajar php, c++, VB, dreamweaver cs6,macromedia dw MX 2004, photoshop, netbean tpi diantara itu saya belom ada yg menguasi sama sekali sedangkan sebentar lagi ada ujian praktek disuruh bikin web solusinya dong bang gimana?? 🙁

  8. Mas rian saya sedang belajar bahasa c# dan unity3d game engine tanpa ada pengalaman programing, nah menurut mas apa yg perlu saya kuasai dulu, selama ini hanya liat2 video tutorial di unity3d dan tutorial c# di web microsoft bahasa inggris sih saya lumayan cuma utk pemrograman sendiri masih bingung2 kapan memakai sperti public class ato private class blm lg sintax2 yg ada di unity3d sperti GetKey.Axis dll

    1. Wah, kalao menurut saya jangan langsung terjun ke unity tanpa ada basic programmingnya.

      Lebih baik kuasai salah satu pemrograman dulu, mantepin algoritmanya, perdalam bahasa pemrogrammannya. Kalo sudah bener-bener bisa nanti juga mau pake unity bakal lebih familiar.

  9. Hebat!! salut dengan cara penyampainnya..
    Mas!!
    jadi, saya punya bakat melukis
    bagi mereka yg awam dan gak berbakat melukis pasti bertanya, dari mana dia mulai, kok sampai jadi wajah,,
    bg saya yg udah bisa ya pada setiap detail dan bentuk garislah jawabannya,,
    Tapi kalau program gimana sih?? kok saya gak ngerti,, yg pasti sangat sulit,, berapa lama sih harus belajar, giliran saya yg bingung!!
    darimana ya?? :v Tolong Pencerahannya Mas!! Thanks. semoga sehat selalu Mas!!

Tinggalkan Komentar Anda