12 Text Editor pilihan

Text Editor juga sangat membantu dalam penyelesaian tugas Coding. text editor yang cepat dan penuh dengan fitur sangat membantu dalam mempercepat proses Coding. tidak hanya cepat biasanya penampilannya yang simplepun menjadi salah satu faktor mengapa text editor tersebut menjadi favorit di kalangan web designer/web developer. tengok saja Sublime Text, teks editor yang satu ini sangat sederhana, indah tapi powerfull dan tentunya membuat anda betah untuk terus ber coding ria. 😃.

Berikut ini adalah beberapa text editor pilihan yang sengaja saya kumpulkan untuk anda. mulai dari text editor untuk desktop maupun text editor untuk web. masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya.

# Desktop

# Notepad++ (Windows & Linux)

Text editor yang satu ini memiliki berbagai kelebihan, mulai dari kaya akan Plug-In, Style Configurator sehingga anda dapat merubah penampilan sesuai kenginan anda, Macro, dukungan berbagai bahasa pemrograman (tidak hanya HTML dan CSS 😃 ) dan masih banyak lagi. dan yang terpenting adalah Notepad++ gratis (jadi tidak diperlukan aksi bajak membajak serial 😃 ).

Plugin yang sangat membantu adalah Notepad++ FTP sehingga memungkinkan anda mengedit file yang terdapat dalam server dan zencoding sehingga proses coding HTML & CSS anda cepat.

Notepad++

Download Notepad++

# Sublime Text (Cross Platform)

Yang satu ini adalah text editor favorit penulis, selain tampilannya sederhana dan indah fiturnyapun sangat beragam. Sublime text merupakan text-editor yang benar-benar text editor 😃, maksudnya seluruh konfigurasi aplikasi dilakukan dengan mengedit file konfigurasinya lain halnya dengan notepad++ yang menggunakan GUI untuk setting aplikasi. Sublime text juga bisa diperkuat dengan adanya Package Control (sama halnya dengan PlugIn), Zencoding pun bisa anda install disini. Sublime text tersedia untuk berbagai sistem operasi mulai dari Windows, Linux, dan MacOSX dengan harga $59 untuk single licence 😃

Sublime Text

untuk tips & trik Sublime text bisa liat disini Download Sublime Text

# Intype (Windows & Linux)

Kelebihan text editor yang satu ini adalah kesederhanaanya. selain kesederhanaanya, kecepatan dalam proses loading aplikasi juga terbilang sangat cepat dan ringan. namun sayang sampai saat ini tersedia versi Alpha (belum sepenuhunya dirilis), terakhir update Blog developmentnnya juga Desember 2009.

Intype

Download Intype

# Web

Untuk kategori ini, text editor berbasis web atau online, ada juga yang bisa digunakan meskipun online, semuanya bisa anda dapatkan di Chrome Web Store jika anda menggunakan Google Chrome.

# jsfiddle.net

Jsfiddle merupakan layanan web text editor online untuk HTML, CSS dan khususnya Javascript, berbagai Js framework bisa dapat anda pilih dengan mudah. jsfiddle juga menyertakan fitur sharing code, dan integrasi sosial dengan adanya disqus comment system, sehingga code yang anda buat bisa dikomentari oleh orang lain.

jsfiddle

jsfiddle biasa digunakan untuk berbagai percobaan Js dan CSS, anda tidak bisa mengedit file offline atau yang terdapat dalam Server via FTP.

Download Chrome App

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

# Codeanywhere

Text editor ini didesain khusus untuk bekerja dengan file yang terdapat di server melalui FTP, dengan begitu anda dapat mengedit file yang ada di server yang anda miliki. sayangnya tidak ada live preview untuk melihat preview dari pengeditan CSS 😃.

codeanywhere

Download Chrome App

# Sourcekit (Chrome App)

Sama halnya dengan Codeanywhere namun text-editor ini khusus untuk pengguna Google Chrome, anda bisa menginstallnya langsung dari Chrome Webstore. lain halnya dengan codeanywhere yang dapat mengedit file pada Server via FTP, Sourcekit dikhususkan mengedit file yang terdapat di Dropbox. Dropbox bisa kita gunakan untuk hosting file HTML loh, juga bisa untuk direct link 😃.

sourcekit

Download Chrome App

# Codey.co

Hampir mirip dengan Codeanywhere, codey.co bekerja dengan file pada Server. yang menjadi kelebihannya kita bisa mengupload file dari komputer kita langsung ke Server. codey.co tersedia untuk berbagai browser dan juga tersedia di Chrome Webstore.

codey.co

Download Chrome App

# cssdesk.com

CSSdesk adalah layanan web text editor baru, untuk aktifitas edit-mengedit HTML & CSS, dilengkapi dengan live preview sehingga anda bisa langsung melihat preview begitu anda mengedit codenya. anda juga dapat men-Share kode yang anda buat sama halnya dengan jsfiddle dan yang paling menyenangkan anda dapat mendownload kode yang telah anda buat.

cssdesk.com

CSSdesk bisa anda gunakan untuk bereksperimen dengan HTML dan CSS.

# Jsdo.it

Layanan online ini sama persis dengan jsfiddle tapi dengan berbagai fitur yang berbeda. integrasi Social Network yang cukup menarik yang memungkinkan anda mem-follow pada Coder atau mendownload Code dan juga men-Sharenya ke berbagai situs jejaring sosial.

jsdo.it

Download Chrome App

# vanade.net

Text-editor ini termasuk kategori text-editor dengan live preview, anda juga dapat merubah layout menjadi Code, Split atau preview saja. selain itu anda dapat mensave secara local, atau menguploadnya ke FTP server. sayangnya tidak tersedia file browser seperti text editor sebelumnya.

vanade.net

Download Chrome App

# HTML Live 2.6 (Chrome App)

Aplikasi yang satu ini termasuk kategori live text editor, dengan penyimpanan data pada localstorage browser. dapat anda gunakan untuk bereksperimen dengan HTML dan CSS tanpa memerlukan koneksi internet (offline), data anda akan disimpan pada browser.

html live 2.6

Download Chrome App

# aHCEd (Chrome App)

Text editor yang satu ini, penulis yang buat 😃, termasuk kategori Live text editor, jadi preview bisa anda lihat langsung di browser anda. yang menjadi kelebihannya adalah integrasi Zencoding, sehingga proses koding jadi lebih mudah dan cepat. data disimpan di localstorage browser sehingga tidak akan hilang ketika browser direfresh atau ditutup sekalipun.

ahced

Download Chrome App
Untuk penginstallan, drag file CRX ke google Chrome 😃 tidak tersedia di Chrome Webstore 😃, klik Ahced untuk memindahkan code editor.

# Kesimpulan

Untuk pembuatan web adakalanya tidak memerlukan aplikasi sekelas adobe dreamweaver, tapi cukup dengan text editor sederhana yang lebih ringan dan cepat dan dilain sisi free alias gratis. sekarang text-editor tidak hanya tersedia untuk desktop, versi online pun sudah dirasa cukup bahkan lebih dari cukup untuk sekedar bereksperimen atau mengedit kode yang sebenarnya.

Edit artikel ini di GitHub
Terakhir diperbarui: 22 Mei 2020