Google Drive, layanan cloud drive baru dari Google

Akhirnya google terjun juga di bisnis Cloud Storage atau layanan penyimpanan online. Google Drive menawarkan 5gb gratis untuk tempat penyimpanan file anda dan layanan ini terintegrasi dengan layanan-layanan dari google lainnya seperi Google Docs, Picasa dan lain sebagainya.

Anda bisa mengunjungi situs Google drive di http://drive.google.com dan sing-in dengan akun Google anda. Setelah proses penyiapan Google Drive anda, anda akan menerima email pemberitahuan bahwa akun anda siap dipakai.

Halaman Utama Google Drive

Layanan dari Google ini tidak jauh berbeda dengan Dropbox yang telah bermain lama di bisnis cloud storage ini. Namun yang menjadi kelebihan dari Google drive adalah integrasinya dengan layanan online dari google dan fitur-fitur menarik lainnya.

5gb gratis

Lebih besar dari yang ditawarkan dropbox yakni 2gb, Google Drive menawarkan 5gb gratis. sebenarnya masih ada layanan lain yang menawarkan lebih dari 5gb. Jika 5gb kurang cukup untuk anda, anda bisa mengupgradenya sampai 16Terabyte, tentunya dengan membayar ke Google.
Namun jika diteliti kembali sebenarnya Goole menyediakan 16gb storage, ini adalah jumlah storage dari penggabungan 3 layanan Google yakni :

  • 5gb dari Google Drive
  • 10Gb dari Gmail, dan
  • 1Gb dari Picasa

Harga yang ditawarkanpun beragam, mulai dari $2,49/perbulan sampai $799,99/bulan untuk mendapatkan tambahan space sebesar 25GB sampai 16TB.

OCR

Kalian tahu OCR? OCR adalah kependekan dari Optical Character Recognition, ini adalah sebuah aplikasi yang berfungsi untuk merubah teks yang terdapat dalam gambar menjadi suatu teks dan Google drive memiliki fitur tersebut!
Anda bisa mengupload dokumen gambar atau pdf lalu mengconvertnya menjadi file Google Docs. berikut ini adalah hasil uji penulis dengan mengupload sebuah gambar dengan teks di dalamnya dan hasilnya bisa anda edit langsung di Google Docs.

OCR Enabled

Integrasi dengan Layanan Google

Google Drive juga ikut diintegrasikan dengan layanan-layanan dari Google lainnya, seperti Google Doc dan Google+. Dokumen yang anda buat di Google Doc, akan disimpan di Google Drive anda. dan andapun dapat berbagi dokumen anda lewat Google plus.

Share gambar dari Google Drive

Akses file dimana saja

Anda dapat mengakses file-file yang terdapat di dalam Google Drive anda dimana saja dan kapan saja dengan menginstall aplikasi client untuk iPad, iPhone, Android dan PC. file akan disinkronkan secara otomatis dengan Google Drive jika terjadi perubahan.

Google Drive for PC

Aplikasi client untuk PC hampir sama dengan dropbox, anda bisa mengatur folder mana saja yang ingin di sinkronkan dengan Google Drive.

Integrasi dengan aplikasi online pihak ketiga

Selain dengan layanan Google, Google drive dapat juga terintegrasi dengan aplikasi online lainnya, seperti pixlr image editor, slide rocket, AutoCad WS, Floor Planner dan lain sebagainya. Format file yang didukung Google mencapai 30 jenis file lebih yang berbeda dapat dibuka secara online.

Integrasi dengan aplikasi pihak ke tiga

Kolaborasi

Dengan adanya fitur sharing dan aplikasi client, memungkinkan anda untuk bekerja secara berkolaborasi dengan teman, atau rekan kerja anda.

Kolaborasi dengan teman

Kesimpulan

Google memiliki puluhan layanan yang semuanya saling terintegrasi dalam satu akun, hal ini menjadi kelebihan Google Drive karena integrasinya dengan layanan-layanan yang biasa kita gunakan sehari-hari. 5GB cukup untuk menyimpan berbagai dokumen anda dan foto-foto anda. Google juga menjadikan 99% uptime menjadikan data anda aman dalam Google Drive. Harga yang ditawarkan untuk upgrade-pun relative murah dibandingkan dengan biayan upgrade layanan clouddrive lainnya. Namun sayang, Google tidak menerapkan cara gratis untuk menambah space seperti halnya dropbox atau minus.

Category ReviewTag

1 Komentar untuk “Google Drive, layanan cloud drive baru dari Google

  1. Membaca Google TOS, terutama bagian “When you upload or otherwise submit content to our Services, you give Google (and those we work with) a worldwide license to use, host, store, reproduce, modify, create derivative works (such as those resulting from translations, adaptations or other changes we make so that your content works better with our Services), communicate, publish, publicly perform, publicly display and distribute such content.”

    Saya sendiri sih agak risih setelah membacanya. Hak milik file kita yang diupload masih lebih terlindungi di Dropbox daripada Google Drive menurut saya. Bagaimana pendapat mas?

Tinggalkan Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.