Kenapa layer-layer Photoshop Anda harus terorganisir

Jika anda menggunakan Photoshop untuk membuat desain sebuah website, pengorganisasian layer photoshop sangatlah penting, bukan saja untuk mempermudah anda ketika melakukan maintenance tapi masih banyak lagi manfaat lain yang bisa anda dapatkan.

Ketika anda membuat sebuah desain website dalam photoshop tentunya akan banyak sekali layer-layer yang digunakan, bisa saja untuk sebuah elemen web seperti button terdapat 3 atau lebih layer. Ketika desain web yang Anda buat semakin kompleks maka layer-layerpun terkadang menjadi tidak teratur. Maka dari itu pengorganisasian layer photoshp sangatlah penting untuk mempermudah anda ketika melakukan proses editing nantinya. Pengorganisasian layer ini merupakan salah satu dari beberapa etika yang harus anda terapkan dalam Photoshop seperti yang telah saya post dalam artikel Pakai Photoshop juga harus beretika loh.

Bagaimana caranya?

Mengorganisasi layer photoshop sangatlah mudah, Anda tinggal meng-group beberapa layer yang berhubungan dengan elemen web yang bersangkutan. Misalkan dalam desain anda terdapat sebuah button yang biasanya memiliki layer button, icon dan label. Nah Anda tinggal group ketiga layer tersebut dan beri nama yang sesuai misalnya button.

 Grouping layers

Manfaatnya apa sih?

Manfaat dari mengorganisir layer-layer photoshp tentunya untuk mempermudah anda ketika mengedit file Photoshop dikemudian hari, atau mempermudah developer yang akan mengeksekusi file Photoshop anda. Bayangkan jika layer-layer yang ada dalam satu file Photoshop mencapai 100an, tentu anda akan kebingungan mencari layer-layer tertentu yang anda butuhkan.

Manfaat lain bagi para developer adalah mempermudah proses slicing, misalnya untuk men-slice bagian background atau button, kita tinggal memilih group yang bersangkutan lalu melakukan slicing terhadap group tersebut. Bahkan kini ada beberapa tools yang membantu anda untuk melakukan proses slicing dengan mudah.

Cut and Slice Me

Cut and Slice me adalah ekstensi Photoshop CS6 yang berfungsi untuk mengeksport beberapa layer untuk resource web secara otomatis. Jika sebelumnya kita menggunakan slicing tool bawaan atau bahkan melakukan slicing manual, dengan ekstensi ini kita tinggal menandai layer-layer/group-group yang ingin dieksport lalu dengan sekali menekan tombol, layer-layer/group-group tersebut akan dieksport secara otomatis.

Cut & Slice Me workflow

Kelebihan dari Cut & Slice menu adalah banyaknya opsi yang disediakan, Anda bisa menggunakannya untuk melakukan slicing design untuk keperluan web, Aplikasi Android atau Aplikasi iPhone, Resource untuk Retina Display pun bisa dibuatkan sekaligus. Dan yang paling penting adalah ekstensi ini free dan karena bentuknya berupa ekstensi jadi bisa dijalankan di berbagai macam OS.

Slicy

Berbeda dengan Cut & Slice Me, Slicy merupakan aplikasi mandiri yang berjalan di sistem OS X. Namun cara kerjanya sama, anda hanya perlu memberi group atau layer dengan nama file yang nantinya akan dieksport. misalnya group button, diberi nama button.png, maka hasilnya akan menjadi file button.png, setelah layer-layer/group ditandai, anda tinggal mendrag & drop file PSD nya ke dalam slicy.

Slicy in Action

Sama halnya dengan Cut & Slice Me, opsi yang ditawarkan oleh slicy beragam, namun slicy lebih memokuskan pada proses eksport resource untuk web. Retina Display juga didukung, Anda tinggal menandai mana layer/group yang ingin dibuatkan versi retina displaynya atau versi standar dari retina displaynya. Kelebihannya Anda tidak perlu Photoshop untuk mengeksport resource untuk web kita, tinggal drag & drop, image-imagenyapun langsung bisa dipakai.

Kesimpulan

Dengan membiasakan diri untuk mengorganisir layer layer photoshop banyak sekali keuntungan yang bisa didapat. Seperti contoh diatas, dengan mengorganisir layer-layer photoshop anda dapat dengan mudah mengekspor resource yang dibutuhkan untuk web dengan sekali klik atau dengan hanya melakukan drag & drop. Manfaat yang dirasakan mungkin bukan oleh anda sendiri tapi oleh orang lain yang mungkin akan menggunakan file PSD yang anda miliki.

Link terkait

Category Photoshop, Tips & TricksTag , , , , ,

2 Komentar untuk “Kenapa layer-layer Photoshop Anda harus terorganisir

  1. Ping-balik: ariona.net

Tinggalkan Komentar Anda