Membuat Tema WordPress : bagian 1

Pembuatan tema wordpress sangatlah mudah, karena wordpress telah membuat pecahan-pecahan kode siap pakai untuk pembuatannya. pecahan kode tersebut biasa disebut dengan “Template Tag”. Jadi selama anda mengikuti tutorial pembuatan tema wordpress di artikel ini, anda akan sering menggunakan “Template Tag” ini.

Tapi, sebelum kita mulai ke inti pembuatan Tema, mari saya jelaskan terlebih dahulu persiapan dan struktur Tema WordPress

Persiapan

Sedikit pengetahuan tentang PHP

Template WordPress dibangun menggunakan PHP, jadi bagi anda yang belum kenal sama sekali dengan PHP anda dapat mencari tutorial tentang PHP terlebih dahulu, baca dan pahami bagaimana cara menggunakan bahasa pemrograman yang satu ini.

PHP

Mungkin sebagai referensi anda dapat mengacu ke http://w3schools.com. terutama pelajari bagian If-else, dan looping (while).

Install WordPress di komputer Anda

Agar lebih mudah dan cepat, anda dapat menginstall wordpress di komputer anda, anda dapat baca Tutorialnya di artikel “Menginstall WordPress di komputer Anda“.

Text Editor dan Browser

Notepad Plus Plus

Gunakan Text-editor/Code-editor favorit anda, saya anjurkan yang cepat dan ringan seperti Notepad++. Untuk daftar Code Editor pilihan bisa anda baca artikel “12 Text Editor Pilihan”. Dan terakhir adalah Web Browser, yup mau nampilin dimana lagi kalau bukan di web browser.

Struktur Tema WordPress

Struktur Tema WordPress

Tema WordPress terdiri dari beberapa file yang terpisah yang kemudian akan disatukan kembali menjadi satu halaman Web penuh, misalnya kita akan memisahkan bagian Header, Content dan Footer dalam suatu desain Web (File HTML) dan nanti kita akan menyatukannya kembali dengan menggunakan Template Tag WordPress. Berikut ini adalah daftar file-file penyusun tema WordPress:

header.php

File ini biasanya berisi pecahan Kode mulai dari <html> sampai dengan </head>, dalam file ini kita juga akan menempatkan template tag untuk pemanggilan berbagai plugin wordpress.

sidebar.php

File ini berisi pecahan kode untuk sidebar jika desain tema anda memiliki sidebar. Nantinya, file ini akan dipanggil menggunakan template tag get_sidebar(). kita juga akan membuat sidebar ini menjadi dinamis untuk penempatan widget-widget wordpress

footer.php

File ini berisi pecahan Kode Footer, di bagian footer ini kita juga akan menambahkan tag untuk pemanggilan plugin wordpress seperti pada file header.php.

page.php

Digunakan untuk menampilkan halaman Page.

single.php

Hampir sama dengan Page.php, namun file ini digunakan untuk menampilkan Posting yang sedang dibuka.

index.php

Bagian ini digunakan untuk halaman utama dari Tema WordPress kita, biasanya berisi daftar posts/artikel yang ada.

functions.php

File ini berisi beberapa fungsi yang akan diterapkan pada tema wordpress yang akan anda buat, fungsinya bisa berupa widget, plugin atau fungsi-fungsi lainnya.

comments.php

Digunakan untuk menampilkan Komentar yang ada pada suatu artikel, biasanya Comments.php ini akan dipanggil dalam file Single.php karena Halaman yang memiliki komentar biasanya halaman single.

style.css

Anda pasti bisa menebak, file apa ini. ya.. ini adalah file CSS untuk tema wordpress yang akan kita buat.

Sebenarnya masih banyak lagi file-file penyusun Tema WordPress, tapi untuk sementara file-file tersebutlah yang sering digunakan dalam tema wordpress, sisanya adalah optional (Sunnah Hukumnya). Jika file-file optional tersebut tidak ditemukan maka wordpress akan menampilkannya menggunakan Index.php.

Apa Selanjutnya ?

Jika persiapan-persiapan diatas telah dilakukan dan anda mengerti struktur tema wordpress di atas. kita mulai membuat Tema WordPress dari Awal minggu depan :).

Category WordpressTag , , ,

11 Komentar untuk “Membuat Tema WordPress : bagian 1

  1. Asli bro.. anda orang yang sangat beruntung… banyak pahala anda,…

    terimakasih atas ebook dan semua ilmu yang anda berikan, sehingga membuka wawasan saya terhadap website… thx forever

  2. Boleh juga nih…
    Mudah-mudahan tutorialnya sampe tuntas (nggak gantung šŸ™‚ )
    Terima kasih banyak ya.

Tinggalkan Komentar Anda