Mudahnya membuat efek pada tekstur kain

other

Pembuatan desain pada sebuah kain memang terlihat susah, karena jika kainnya agak kusut tentunya desain yang ditempelkan pada kain juga harus memiliki area gelap dan terang sesuai tekstur kainnya serta bentuk desain yang mengikuti tekstur kain.

Pada tutorial kali ini saya akan mengajak anda untuk membuat efek pada tekstur kain dengan beberapa langkah mudah, yang melibatkan filter Displace.

Step 1

Pertama-tama anda persiapkan terlebih dahulu kain yang akan kita beri desain. Download terlebih dahulu file Kaos disini. jika sudah didownload buka gambar kaos yang barusan anda download.

Belakang copy

Pada langkah pertama ini kita akan membuat teksture kain terlebih dahulu, teksture ini akan kita gunakan ketika kita menerapkan filter Displace, filter ini akan menerapkan sebuah gambar/desain pada suatu objek dengan menyesuaikan tekstur permukaan objek tersebut.

jika tingkat kontras pada kaos dirasa kurang anda dapat menekan Ctrl + L untuk mengubah Level warna kaos tersebut. Geser panah yang di tengan kekanan sedikit, sehingga nilai pada parameter menjadi 0.80

Level

Step 2

setelah tingkat kontras pada kaos dirasa cukup, selanjutnya kita ubah Color mode menjadi Grayscale, dengan memilih menu Image > mode > Grayscale.

Grayscale

simpan tekstur kaos yang telah kita buat, tekan Ctrl + S dan beri nama “Tekstur kaos.psd”

Simpan dengan format Photoshop!! .psd

Step 3

buka kembali gambar kaos yang tadi didownload. bukan gambar tekstur yang telah dibuat!

Belakang copy

Buka desain yang akan anda tambahkan pada kaos, pada kasus ini i-BitV akan menambahkan logo i-BitV pada kaos. Click pada gambar Logo kemudian Drag ke gambar Kaos seperti gambar berikut

Click Drag

setelah pemindahan gambar, kemungkinan gambar desain akan terlihat kebesaran atau kekecilan (ini dikarenakan perbedaan ukurang gambar), anda dapat mengubahnya dengan menggunakan Move Tool (V). atur posisi desain anda pada kaos dengan menggunakan Move Tool (V)

reposition

pastikan layer yang berisi desain logo terpilih (click untuk memilihnya) kemudian ubah blending mode menjadi Multiply.

Blend

Step 4

Sekarang, saatnya penambahan efek Displace. dengan layer berisi logo terpilih anda pilih menu Filter > Distort > Displace, pada dialog yang muncul isikan nilai berikut.

Displace

Klik OK, kemudian akan muncul sebuah dialog untuk memilih Displacement map, pilih file Teksture kaos yang telah kita buat tadi.

displacement map

Klik Open untuk membukanya.

dan BOOM!! logo seakan-akan menempel ada kaos!!

Result

Kesimpulan

Filter Displace dapat anda gunakan untuk penempelan suatu gambar sehingga gambar tersebut mengikuti tekstur dari yang “ditempeli” gambar, penggunaan filter Displace membuat gambar yang “ditempel” terlihat lebih realistik dibandingkan dengan hanya menambahkan gambar pada objek yang “ditempeli”. semoga artikel ini bermanfaat.

berikut contoh lainnya.

other
Category Photoshop

7 Komentar untuk “Mudahnya membuat efek pada tekstur kain

Tinggalkan Komentar Anda