The Power of Mesh Fill

Mesh fill merupakan salah satu cara untuk memberkan warna pada suatu objek. Dengan mengunakan mesh fill, objek akan dibagi kedalam beberapa bagian, setiap area atau node (titik) dari objek yang telah dibagi-bagi tersebut dapat diberi warna berbeda sesuai dengan kebutuhan.

Penggunaan mesh fill dan penerapan gradasi warna yang tepat akan membuat objek menjadi lebih hidup dan terlihat lebih real.

Dalam tutorial ini kita akan mempelajari bagaimana penerapan mesh fill untuk menghasilkan gambar yang hidup dan terlihat real.

Step 1

Buat sebuah objek menyerupai daun dengan menggunakan Bezier Tool. Beri warna hijau.

Step 2

Secara default, Mesh Fill akan membuat bagian-bagian secara horizontal dan vertical, untuk membuat daun tersebut memiliki bagian yang sesuai maka sebaiknya putar terlebih dahulu daun tersebut secara horizontal.

Step 3

Sekarang saatnya menggunakan Mesh Fill Tool, pastikan objek daun telah terpilih kemudian pilih Mesh fill tool dengan cara mengklik tanda panah pada Interactive Fill(G) kemudian pilih MeshFill (M) atau anda bisa menekan tombol M.

Step 4

Maka objek daun akan menjadi seperti berikut.

Step 5

Untuk menambah bagian, anda klik pada area yang ingin anda tambah, klik terlebih dahulu pada area yang anda kehendaki sehingga muncul sebuah titik kemudian klik kanan dan pilih Add Intersection. Sehingga menjadi seperti gambar berikut.

Lebih banyak bagian maka akan semakin detail bagian-bagian yang akan diberi warna dan akan semakin terlihat realistik.

Step 6

Dengan menggunakan pick tool, pilih node-node (Titik titik yang berada ditengah seperti gambar berikut.

Step 7

Beri warna hijau tua. Sehingga menjadi seperti gambar berikut.

Step 8

Selanjutnya seleksi titik-titik bagian terluar dari objek daun tersebut, seperti pada gambar berikut. Beri warna hijau tua sehingga menjadi seperti gambar berikut.

Step 9

Demikian seterusnya, agar lebih detail tambahkan lagi bagian yang baru, hasil akhir

Step 10

Jika anda sudah menguasai teknik diatas, maka untuk lebih detail lagi, kita tidak hanya membuat satu objek untuk daun, tapi kita buat bagian-bagian kecil penyusun daun sehingga image yang dihasilkan lebih detail dan lebih realistik. Seperti berikut ini.

Penggunaan Mesh Tool sangat diperlukan jika kita akan membuat objek yang terlihat detail dan realistik, objek tersebut bisa berupa objek organik atau objek mati. Warna yang dihasilkan akan sangat hidup, anda juga perlu memahami konsep shading (bayangan), dari mana datangnya cahaya, sehingga kita bisa menentukan bagian mana yang akan berwarna gelap dan terang

Category CorelDrawTag

4 Komentar untuk “The Power of Mesh Fill

Tinggalkan Komentar Anda