WordPress Meetup ke–3 bersama Matt Mullenweg

Howdy, sapaan yang pertama kali dilontarkan ketika Matt naik podium, bagi para wordpress user sapaan ini sangat akrab karena selalu menyapa kita setiap kali kita masuk ke halaman admin.

WordPress Meetup ke–3 ini adalah meetup pertama yang saya hadiri dan yang paling menyedot perhatian adalah kehadiran Matt Mullenweg, seseorang yang berada dibalik worpress, sebuah blogging platform yang menurut beliau kurang lebih sebanyak 22% halaman web di dunia menggunakannya.

Wordpress Meetup ke-3

Meetup diadakan di Kampus BINUS, Jakarta pada tanggal 2 Juni 2014 kemarin, ruang yang disediakan cukup untuk menampung peserta meetup yang berjumlah kurang lebih 250 orang yang terdiri dari peserta publik dan “binusian”. Peserta memang harus melakukan RSVP terlebih dahulu di alamat berikut http://www.meetup.com/Jakarta-WordPress-Meetup/events/182103902/.

Dalam meetup ini matt menceritakan perkembangan wordpress, dimulai dengan kisahnya dalam membuat blogging platform yang sampai saat ini menjadi platform paling banyak digunakan.

Future WordPress

Berbicara tentang masa depan wordpress dan rencana matt bersama teamnya di automattic untuk tahun-tahun kedepan ada beberapa poin yang dapat saya rangkum:

  1. Pada WordPress 4.0 (yang sedang dikerjakan) akan mendukung berbagai bahasa, memang fitur ini sudah lama ada, yang baru adalah saat pertama kali menginstall wordpress, anda akan ditawari untuk memilih bahasa default.
  2. Pada tahun-tahun kedepan, Akan lebih berkonsentrasi untuk mengoptimalkan mobile app, karena aplikasi yang sekarang dirasa masih sangat kurang.
  3. Matt juga akan menambahkan fitur REST-API pada core wordpress. Untuk sekarang wordpress hanya menyediakan JSON API yang bisa didapatkan dalam Plugin Jetpack.

Tentang WordPress Meetup

Untuk sebuah meetup yang free, ditambah lagi free snack (siapa sih yang gak suka free? 🙂 ) meetup kali ini memang seru, ditambah antusiasme peserta untuk bertemu Matt. Kehadiran Matt juga merupakan acarasummer tour untuk menceritakan tentang masa lalu dan masa depan dari wordpress yang diselenggarakan di wilayah asia, australia & new zealand, lebih tepatnya ke sepuluh tempat yang bebeda dalam 2 minggu, yakni Seoul, Jakarta, Singapore, Tokyo, Osaka, Manila, Melbourne, Sydney, Wellington, dan Auckland.

Ada beberapa link menarik yang didapat saat WordPress meetup ke-3, link berikut didapat dari sesi tanya jawab.

  1. CloudUp , sebuah situs layanan sharing file yang dibuat automattic seperti halnya dropbox.
  2. SimpleNote Aplikasi untuk membuat catatan dari automattic, tersedia untuk iOS, Android, Mac dan Kindle.
  3. Front End Editor, sebuah plugin untuk mengedit posting tanpa harus masuk ke halaman admin wordpress
  4. VaultPress Layanan keamanan dan backup untuk situs wordpress anda (berbayar)
  5. Jetpack Plugin, Plugin dari automattic untuk mendapatkan fitur-fitur yang disediakan wordpress.com
Category Blog, WordpressTag ,

3 Komentar untuk “WordPress Meetup ke–3 bersama Matt Mullenweg

  1. Wah bisa ketemu langsung dengan Matt Mullenweg pasti tidak akan bisa terlupan
    kira2 apakah ada yang spesial yang akan diberikan untuk para pengguna wordpress di Indonesia kedepannya soalnya pengguna wordpress di Indonesia sangat banyak dan setia dari dulu ?

Tinggalkan Komentar Anda